< > -->

Thursday, November 8, 2018

Perbedaan 5P Dan 7P Dalam Bauran Pemasaran
5P (Konvensional)
Apakah itu 5P ? 5P adalah suatu taktik marketing yang dapat kita gunakan dalam kombinasi yang berbeda – beda untuk memenangkan hati klien dalam target market kita. 5P ini dapat kita kontrol tergantung pada kondisi internal dan eksternal kita. Kombinasi taktik marketing yang berbeda–beda untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan klien kita disebut sebagai penggunaan ‘tactical marketing mix’.

A. Product (Produk)
Product disini mengacu pada apa yang kita jual, termasuk fitur dan keuntungan yang akan didapatkan oleh klien kita dengan membeli produkkita. Saat memasarkan product, pikirkan fitur kunci dan kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh klien kita. Kita dapat menggunakan research and development untuk menginfokan perkembangan baru dari produk.
B. Price (Harga)
Price berhubungan dengan strategi harga produk dan bagaimana itu akan mempengaruhi klien kita. Kita harus mengidentifikasikan seberapa besar klien kita akan membayar produk kita, margin profit dan metode pembayaran, juga biaya lainnya. Untuk menarik pelanggan dan memenangkan kompetisi, Anda sepertinya juga harus mempertimbangkan kemungkinan memberikan diskon.
C. Promotion (Promosi)
Aktivitas promosi yang patut Anda gunakan untuk menarik klien kita seperti iklan, taktik penjualan, promosi, dan penjualan langsung. Secara umum kegiatan tersebut disebut sebagai taktik marketing.
D. Place (Tempat)
Dimana produk atau servis kita akan dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan. Akses klien menuju ke produk atau servis kita adalah kunci utama dan sangat penting untuk memastikan klien dapat menemukan kita dengan lebih mudah.
Jika kita baru memulai bisnis baru, menemukan lokasi bisnis yang tepat adalah kunci utama taktik marketing.
E. People (Orang)
People mengacu pada staf dan salesman yang bekerja untuk bisnis kita, termasuk diri kita sendiri. Saat kita menyediakan customer service yang unggul, kita telah membangun pengalaman positif untuk klien kita, dan secara tidak langsung kita juga telah menjual brand pada klien. Sebagai balasan, klien yang ada akan menyebarluaskan servis unggul kita dan menjalankan program referral kita sendiri.
Pasarkan bisnis secara kompetitif dengan merekrut orang yang tepat, pelatihan staf untuk mengembangkan keterampilan mereka, dan mempertahankan staf yang baik.



7P (Commercial)
Dalam komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran (marketing mix), dan bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik. Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.

A. Product (The Services)
Produk jasa adalah produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sebenarnya pelanggan tidak membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan. Pengertian yang ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang didapat oleh konsumen, baik barang atau jasa maupun kombinasinya.
B. Price
Penetapan harga adalah suatu hal penting. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan.
C. Place
Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya rental atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat terkompensasi dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi yang kurang strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk menarik konsumen agar berkunjung.
D. Promotion
Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian. Tujuan kegiatan promosi antara lain :
1. Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
2. Mengkomunikasikan produk baru
3. Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas
4. Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk
5. Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk
6. Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu produk.
E. People
People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.
F. Process
Process yaitu mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.
G. Physical Evidence
Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalam perusahaan jasa yang memiliki karakter . Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan kelas market khusus.


Referensi :
http://masyitamaulidiaa.blogspot.com/2017/11/5p-dan-7p-dalam-bauran-pemasaran.html Tanggal Akses: Kamis, 08 November 2018. Pukul 22:13

Lakukanlah kebaikan sekecil apapun, karena engkau tidak akan pernah tahu kebaikan mana yang akan membawamu ke surga.

0 komentar:

Post a Comment

Berminat bekeja sama dengan saya?

Hubungi Saya
ARI ALIYANSYAH
081310609201
Tangerang, Indonesia

arialiyansyah.blogspot.com

Powered by Blogger.

Koperasi Simpan Pinjam Warna Artha

Koperasi Simpan Pinjam Warna Artha Sejarah KSP Warna Artha Koperasi Simpan Pinjam "Warna Artha" berdiri pada tahun 200...